Lapang Dada

Kau harus bisa Berlapang Dada kau harus bisa ambil hikmahnya, sepotong lirik lagu SO7 yang intinya ajakan positif mengambil sikap secara dewasa untuk menghadapi masalah saat tidak sesuai harapan kita lagi.

Diakhir lagu saat konser ada tambahan lirik seperti ini 
selagi kubisa bertemu denganmu
kusia-siakan semua waktuku
aku terhanyut dengan impianku
tinggi meninggi tak bisa kembali
aku tak tau bagaimana caranya 
membuka pembicaraan denganmu
aku tersesat kamu tersesat
banyak hal yang belum kau ceritakan

Intinya sebuah penyesalan karena telah menyia-nyiakan kesempatan saat ada waktu bersama pasangan, ini tidak hanya untuk pasangan saja si, bisa buat siapa saja termasuk buat orang tua ataupun sahabat kita.

Saat ada kesempatan bisa bertemu bisa bersama di alam dunia ini terkadang kita menyia-nyiakannya, sibuk dengan urusan kita sendiri. Lagu ini juga nyambung dengan lagu kehilangannya Bang Haji Rhoma Irama 

Kalo sudah tiada baru terasa
bahwa kehadirannya sungguh berharga 
sungguh berat aku rasa hidup tanpa dia
sungguh berat aku rasa kehilangan dia

Sebenarnya kalo dihayati secara mendalam setiap lagu ada makna dan tujuannya, umat Nabi Muhammad SAW memang sejak dulu sangat suka dan pandai bersyair, salah satu sebab Al Qur'an diturunkan juga karena umat Nabi Muhammad SAW pandai bersyair, sepandai-pandainya ahli sya'air pada saat itu sangat takjub dengan keindahan Alqur'an, ada ada yang berani mempungkiri keindahannya.

Abu Jahal dan Abu Lahab yang sangat memusuhi Nabi pun secara sembunyi-sembunyi mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur'an, jadi memang umat jaman sekarang ini suka sekali dengan lagu-lagu. Jadi menurut saya pribadi asalkan lagu tersebut tidak bertentangan dengan ajaran islam tidak ada masalah kita menggunakannya untuk suatu kebaikan namun tetap pedoman utama Al qur'an.

Saya teringat sebuah maqolah yang indah
Lapang Dada

Ini adalah pegangan kaum Nahdliyin, NU. Bukan tanpa alasan NU menggunakan maqolah ini tapi mengingat kita manusia adalah makhluk yang dinamis, bukan robot. Yang dalam setiap zaman akan selalu menemui hal-hal baru yang pastinya ada yang bermanfaat dan juga ada yang tidak. Selagi hal tersebut ada manfaatnya masih boleh kita menggunakannya namun bila sama sekali tidak ada manfaatnya atau lebih banyak madlorot ketimbang manfaatnya lebih baik ditinggal.

Jangan jadi orang yang berfikir pendek, jika tak bisa menemukan dalil nya didalam AlQur'an atau Hadits langsung dianggap salah, lihat dulu ada tidak larangan untuk mengerjakan hal tersebut atau terlalu wagu dalam memahami isi AlQur'an atau Hadits. Seperti yang sedang marak saat ini, memanah dan berkuda adalah sunnah katanya. Memang benar dahulu Rosulullah menghimbau umatnya untuk berkuda dan belajar memanah. Sebab saat itu kendaraan yang termasuk hebat ya Kuda, senjata yang hebat Panah. Kalau saat ini banyak sekali yang hebat-hebat seperti teknologi, apa iya kita umat islam hanya sibuk belajar berkuda dan memanah sedangkan orang-orang diluar sana sudah jago teknologi yang lebih seram ketimbang senjata pada masa dahulu.

Semoga Ngenyis kali ini ada manfaatnya walaupun sedikit.

Labels: Ngenyis

Thanks for reading Lapang Dada. Please share...!

0 Comment for "Lapang Dada"

Back To Top